Pemrograman Visual
(Borland Delphi 7.0)
Pengenalan Aplikasi Visual
• Aplikasi adalah adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna Biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tapi tidak secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan pengguna. Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalah pengolah kata, lembar kerja, dan pemutar media.
• Visual adalah dapat dilihat Maka Pemrograman(aplikasi) visual adalah pengembangan bahasa pemrograman untuk mendesain sebuah aplikasi yang user friendly (dapat dilihat oleh alat visual manusia yaitu mata) dan interaktif dengan end-user
Pendahuluan Borland Delphi
7.0
• Delphi adalah sebuah bahasa pemrograman dan lingkungan pengembangan perangkat lunak. Produk ini dikembangkan oleh Borland
• Dengan menggunakan Free Pascal yang merupakan proyek opensource, bahasa ini dapat pula digunakan untuk membuat program yang berjalan di sistem operasi Mac OS X dan Windows CE
• Keunggulan bahasa pemrograman ini terletak pada produktivitas, kualitas, pengembangan perangkat lunak, kecepatan kompilasi, pola desain yang menarik yang menarik serta diperkuat
dengan pemrogramannya yang terstruktur (Madcoms, 2002: 1)
• Materi Pembahasan
1. Fungsi String
2. Pernyataan Percabangan If..Then..Else
3. Pernyataan Percabangan Case..Of
FUNGSI STRING
a. CONCAT (s1,s2,…sN)
Menggabungkan dua atau lebih string menjadi satu string. Gunakan Concat untuk menggabungkan jumlah string. Masing-masing parameter bertipe string. Hasil berupa penggabungan dari seluruh parameter string.
- Gunakan operator plus (+) mempunyai kesamaan fungsi dengan Concat yaitu untuk menggabungkan dua string. Operator plus lebih cepat proses operasinya dari pada fungsi Concat.
Contoh:
var S:string;
Begin
edit1.text := Concat(‘Universitas’,’ Gunadarma’);
end;
HASIL : “Universitas Gunadarma”
b. COPY (S, Awal, Jumlah) Menghasilkan sebuah substring dari suatu string, dengan kata lain fungsi copy digunakan untuk
mengambil beberapa karakter dari suatu teks tertentu.
- S adalah data bertipe string. Awal dan jumlah bertipe integer. Copy menunjukkan karakter yang diambil dari suatu teks tertentu. Awal menunjukkan posisi awal pengambilan karakter dan Jumlah
menunjukkan jumlah karakter yang akan diambil.
Contoh :var S:string;
begin
S:=‘UNIVERSITAS’;
edit1.text:=Copy(S,4,5);
end;
HASIL : “VERSI”
c. DELETE (S, Awal, Jumlah) Menghapus substring dari suatu string, dengan kata lain fungsi delete digunakan untuk menghapus beberapa karakter dari suatu teks tertentu.
- S adalah data bertipe string. Awal dan jumlah bertipe integer. Delete menghapus karakter dari suatu teks tertentu. Awal menunjukkan posisi awal karakter yang akan dihapus, dan Jumlah menentukan jumlah karakter yang akan dihapus.
Contoh :var S:string;
begin
S:=‘UNIVERSITAS Gunadarma’;
Delete(S,1,12); edit1.text:=S;
end;
HASIL : “Gunadarma”
d. INSERT (S1, S2, Awal) Menyisipkan string dalam suatu string yang lain, dengan kata lain fungsi insert digunakan untuk menyisipkan beberapa karakter ke dalam suatu teks tertentu.
- S1 dan S2 adalah data bertipe string, dan S1 menunjukkan string yang akan disisipkan sedangkan
S2 adalah string yang menjadi tujuan operasi penyisipan. Awal menunjukkan posisi awal penyisipan karakter S1 ke dalam teks S2.
Contoh :var S:string;
begin
S:=‘SISTEM’;
Insert(‘ INFORMASI’,S,7); edit1.text:=S;
end;
HASIL : “SISTEM INFORMASI”
e. LENGTH (S)
Menghitung jumlah karakter dalam suatu string.
- S adalah sebuah string, dan fungsi length akan
menghasilkan nilai bertipe integer.
Contoh :
var S:string;
T:integer;
begin
S:=‘BORLAND DELPHI’;
T:=Length(S);
edit1.text:=inttostr(T);
end;
HASIL : “14”
f. LOWERCASE (S)
Mengubah bentuk penulisan suatu string menjadi huruf kecil.
- S adalah sebuah string.
Contoh :
var S:string;
begin
S:=‘SISTEM INFORMASI’;
edit1.text:=Lowercase(S);
end;
HASIL : “sistem informasi”
g. UPPERCASE (S)
Mengubah bentuk penulisan suatu string menjadi huruf besar/kapital.
- S adalah sebuah string.
Contoh :
var S:string;
begin
S:=‘SISTEM informasi’;
edit1.text:=Uppercase(S);
end;
HASIL : “SISTEM INFORMASI”
PERNYATAAN PERCABANGAN
1. Pernyataan Bersyarat If-Then-Else
- digunakan untuk menjalankan suatu pernyataan atau suatu blok pernyataan, tergantung pada nilai yang diuji.
- Bentuk Penulisan :
a. If <kondisi> Then <Pernyataan1>;
b. If <kondisi> Then <Pernyataan1>
Else <Pernyataan2>;
c. If <Kondisi> Then
begin
<pernyataan1>;
………………….. ;
<pernyataan-n
d. If <kondisi> Then
begin
<pernyataan1.1>;
………………….. ;
<pernyataan-1.n>;
end
Else <Pernyataan2.1>;
e. If <kondisi> Then
begin
<pernyataan1.1>;
………………….. ;
<pernyataan-1.n>;
end
Else
begin
<pernyataan2.1>;
………………….. ;
<pernyataan-2.n>;
end;
Lanjutan Percabangan Bersyarat If-Then-
Else
Catatan :
- <kondisi> : suatu ekspresi logika atau berupa syarat percabangan .
- Perintah If akan menguji ekspresi logika yang ada di sebelah kanannya. Jika kondisi bernilai true akan dikerjakan penyataan setelah perintah Then. Tetapi jika kondisi bernilai false akan dikerjakan pernyataan setelah perintah Else.
Contoh-1 :
Var bil:integer;
hsl:string;
Begin
If (bil>=60) Then
hsl:=‘LULUS’
Else
hsl:=‘GAGAL’;
End;
Contoh-2 :
Var nilai:integer;
hsl:string;
Begin
If (nilai < 50) Then
hsl:=‘E’
Else If (nilai >= 50) And (nilai < 65) Then
hsl:=‘D’
Else If (nilai >= 65) And (nilai < 75) Then
hsl:=‘C’
Else If (nilai >= 75) And (nilai < 85) Then
hsl:=‘B’
Else hsl:=‘A’;
End;
2. Pernyataan Bersyarat Case-Of
- digunakan untuk menyederhanakan penggunaan if-then-else yang terlalu panjang. Hanya saja percabangan bersyarat case-of ini biasanya dipakai untuk percabangan dengan lebih dari dua pilihan.
- Bentuk Penulisan :
a. Case <kondisi> Of
<daftar-1> : <pernyataan-1>;
<daftar-2> : <pernyataan-2>;
………………………………………. ;
<daftar-n> : <pernyataan-n>;
End;
b. Case <kondisi> Of
<daftar-1> : <pernyataan-1>;
<daftar-2> : <pernyataan-2>;
………………………………………. ;
<daftar-n> : <pernyataan-n>;
Else
<pernyataan-x);
End;
Contoh :
Var nilai:integer;
hsl:string;
Begin
Case nilai Of
0..50 : hsl:=‘E’;
51..74 : hsl:=‘D’;
75..84 : hsl :=‘C’;
85..94 : hsl:=‘B’;
Else
hsl:=‘A’;
End;
Fungsi Pengulangan
• Pengulangan For-To-Do
• Pengulangan While-Do
• Pengulangan Repeat-Until
Pengulangan For-To-Do
• digunakan untuk melaksanakan pengulangan satu pernyataan atau satu blok program beberapa kali yang ditentukan oleh nilai awal dan akhir
• Bentuk Penulisan :
- [pencacah] merupakan bilangan integer
a. Bilangan Awal < Akhir (Pengulangan Menaik)
For [pencacah] := [awal] To [akhir]
<pernyataan-1>;
Atau
For [pencacah] := [awal] To [akhir]
Begin
<pernyataan-1>;
----------- ;
<pernyataan-n>;
End;
b. Bilangan Awal > Akhir (Pengulangan Menurun)
For [pencacah] := [awal] To [akhir]
<pernyataan-1>;
Atau
For [pencacah] := [awal] To [akhir]
Begin
<pernyataan-1>;
----------- ;
<pernyataan-n>;
End;
Pengulangan While-Do
• Digunakan untuk mengulangsatu pernyataan atau suatu blok pernyataan atau selama while suatu kondisi (syarat) bernilat True(Benar).
• Bentuk Penulisan
While <kondisi> Do <pernyataan-1> ;
Atau
While <kondisi> Do
Begin
<pernyataan-1>;
---------------- ;
<pernyataan-n>;
End;
• Prosedur alur pengulangan sebelumnya adalah sbb:
1. Program akan menguji nilai <kondisi>
2. Jika <kondisi> bernilai false, <maka
pernyataan> tidak terlaksanakan dan program
menghentikan pengulangan
3. Jika <kondisi> bernilai true, maka
<pernyataan> akan dilaksanakan satu kali
4. Kembali ke prosedur 1
5. Program menghentikan pengulangan dan
menjalankan baris berikutnya
Pengulangan Repeat-Until
• Pengulangan ini hampir sama dengan pengulangan while-do dan biasanya digunakan jika jumlah pengulangan belum dapat ditentukan pada saat program ditulis
• Perbedaan nya, pengulangan Repeat-Until dengan While-Do terletak pada letak pengecekan kondisi. Jika pada pernyataan While-Do kondisi dicek pada awal blok pernyataan yang harus diulang, sedangkan pada pernyataan Repeat0Until, kondisi dicek pada akhir blok pernyataan yang harus diulang
• Bentuk Penulisan
Repeat
<pernyataan-1>;
Until <kondisi>;
Atau
Repeat
<pernyataan-1>;
------------------;
<pernyataan-n>;
Until <kondisi>;
Tidak ada komentar:
Posting Komentar